Tanggal: 5/31/2020 05:08:00 PM

Mobil daihatsu xenia adalah jenis mobil MPV yang dirancang serta diproduksi hasil kerja sama antara pabrikan mobil Astra Daihatsu Motor dan Toyota Astra Motor, dimana mobil ini pertama kali diproduksi pada tahun 2003. Dan tipe mobil tersebut menjadi generasi pertama mobil daihatsu xenia yang diproduksi sejak tahun 2003 sampai dengan tahun 2011.



Untuk varian mobil daihatsu xenia gen pertama ini diproduksi menjadi 3 tipe, yaitu Daihatsu Xenia MI, Daihatsu Xenia Li, dan Daihatsu Xenia Xi. Untuk varian Mi dan Li dirancang menggunakan mesin berkapasitas 1.0L, sedangkan varian Xi menggunakan mesin berkapasitas 1.3L. Sedangkan perbedaan Daihatsu Mi dan Daihatsu Li ialah tidak menggunakannya power steering pada tipe Mi yang merupakan varian teredah dari daihatsu xenia gen pertama ini. Ditambah lagi pada varian daihatsu xenia Mi juga masih menggunakan jenis velg besi atau dikenal velg kaleng, sedangkan pada varian Li sudah menggunakan menutup roda atau dop roda.

Hal tersebut tentunya cukup berbeda dengan kerabatnya yaitu Toyota Avanza Gen Pertama yang bisa dibilang masih dilengkapi dengan kapasitas mesin yang cukup besar dan sudah menggunakan power steering untuk jenis varian terendah dari Toyota Avanza Gen Pertama Adapun untuk anda yg sekiranya mungkin merasa sedang mencari – cari jenis mobil MPV murah, maka tidak ada salahnya apabila anda ini memilih mobil daihatsu xenia ini. Karena harga mobil daihatsu xenia ini sangatlah terjangkau, selain itu juga untuk generasi terbaru daihatsu xenia ini sudah dilengkapi dengan fitur dan desain yg modern. Sehingga para pengguna juga akan lebih merasa percaya diri saat berkendara dengan mobil daihatsu ini. Daihatsu Xenia merupakan salah satu mobil keluarga yang masuk dalam list mobil favorit di Indonesia. Mobil ini memiliki bagian interior yang luas dan desain yang elegan. Sebelum membeli mobil ini, kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan Daihatsu Xenia terlebih dulu sebelum penyesalan muncul ketika mobil ini sudah ada di genggaman kita.

Selanjutnya kita akan bahas mengenai kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu Xenia. Kelebihan Daihatsu Xenia Dibandingkan MPV pada kelas serupa, Xenia menawarkan performa mesin yang bandel namun irit bensin. Ketahanan mesin serta iritnya bahan bakar Xenia sudah teruji. Sejak pertama rilis tahun 2004, Xenia terkenal dengan bensin yang irit dan menjadi rekomendasi buat mayoritas keluarga Indonesia kelas menengah. Tak hanya itu, Mencarri suku cadang Xenia juga cukup mudah. Berbagai macam fitur yang tersedia dalam Daihatsu Xenia, tak perlu diragukan lagi. Selain Day-time Running Lights (DRL), aksesoris lampu pada handle pintu pada tipe tertinggi juga patut dicoba. Head unit audio layar sentuh dan GPS Xenia, amat membantu perjalanan kamu. Di balik iritnya Daihatsu Xenia, ternyata hal tersebut disinyalir sebagai sebuah kekurangan. Kapasitas mesinnya 1,3 liter dengan tenaga 97 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 120,6 Nm pada 4.200 rpm. Ya, kapasitas tersebut merupakan kecil jika dibandingkan mobil kelas serupa. Faktanya, mayoritas mobil di kelas yang sama menggunakan mesin berkapasitas 1,5 Liter. Meski ketahanannya layak diuji, namun dalam situasi tertentu mesin bertenaga dapat lebih diandalkan.

Fitur Daihatsu Xenia juga bisa dibilang lengkap. Namun bila dibandingkan MVP kelas murah seperti Wuling, kelengkapan fitur Xenia terbilang kurang. Meski begitu, kalau kita mencari fitur standar, Xenia mampu memenuhi walau tak bisa diharapkan lebih.